Bupati Rembang Abdul Hafidz sidak ke DLH, Senin (16/10). Foto (rom/rembangcyber.com)

REMBANG, REMBANGCYBER.VOM - Bupati Rembang H Abdul Hafidz melakukan inspekai mendadak ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang, Senin (16/10/2017) pagi. Turut serta Kepala Inspektorat Fachrudin, Kepala Satpol PP Waluyo,  Kabag Humas Setda Rembang Kukuh Purwasana dan Kabid Pembinaan, Kesejahteraan dan Informasi Kepegawaian BKD Rembang, Bambang Rubiyanto.

Bupati mewanti-wantu dua hal kepada kajaran DLH terkait perijinan dan target penghargaan Adipura di tahun 2018.

Terkait perijinan, DLH harus memberikan pelayanan yang cepat, murah dan bersih. Tidak boleh ada pungutan liar di luar ketentuan aturan yang berlaku.

“Tentang perijinan kami ingin cepat murah jangan sampai ada pungutan- pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang- undangan,” ujarnya.

Terkait Adipura, pemkab sudah menyiapkan alat berat untuk pengelolaanTPA (Tempat Pembuangan Akhir). Untuk luasan lahan yang masih kurang, akan dipenuhi tahun 2018.

“TPA strateginya kita menyiapkan alat berat untuk mengolah. Yang kedua luas tanah masih minim. Dari yang dipersyaratkan paling tidak lima hektar kita baru ada 3,5 hekter, sehingga 2018 kami ada pengadaan tanah untuk perluasan tanah TPA 1,5 hektar,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala DLH, Suharso siap melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pimpinan. Pihaknya sebatas melakukan kajian atas apa yang disampaikan perusahaan, sehingga perusahaan bisa mengelola limbahnya agar tidak menimbulkan pencemaran.

Sedangkan penanganan TPA akan melakukan kajian terkait dampak dari TPA, jangan sampai mengganggu lingkungan sekitar, kemudian melengkapi peralatan TPA dan pertimbangan luas wilayah.

“Ada tiga hal yang perlu kita cermati. Pertama kajian dampak terhadap TPA itu, supaya limbah lisit bisa tidak mengganggu. Kedua bagaimana kita melengkapi peralatan TPA. Dan yang ketiga dasar pertimbangan kita adalah luas wilayah,” tuturnya.

Untuk pengukuran tambahan lahan akan dilakukan bulan November mendatang. Sedangkan realisasi pengadaan lahannya tahun 2018 mendatang. (Rom)

Kirim Komentar: