REMBANG (RC) - Seribu pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengikuti kegiatan gosok gigi massal, Jumat (18/3) pagi.

Kegiatan  gosok gigi massal diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Rembang dalam memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut sedunia yang jatuh pada 20 Maret mendatang.

"Ini untuk mengedukasi anak-anak agar dapat melakukan sikat gigi yang baik dan benar dengan waktu menyikat gigi yang tepat. Selain itu, diharapkan siswa mengetahui tentang bagaimana merawat gigi yang benar, apa yang harus dihindari agar gigi tidak berlubang," terang Dani Hanggono, Ketua PDGI Rembang.

Dani menjelaskan, beberapa kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh anak-anak adalah terkait cara dan waktu gosok gigi.

"Idealnya, menggosok gigi dilakukan setelah sarapan dan sebelum tidur pada malam hari. Tapi kebanyakan mereka melakukan gosok gigi saat mandi pagi dan sore. Ini yang kami luruskan agar selanjutnya bisa menjadi pembiasaan yang benar,” tambahnya.

Selain gosok gigi massal, PDGI Rembang juga menggelar penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut gratis kepada para siswa.

Gosok gigi massal diikuti beberapa sekolah antara lain; SDN 1 Sale, SDN 2 Sale, SDN Jinanten, SDN 2 Wonokerto, SDN 2 Tahunan serta SDN 1 Mrayun. (AM)

Kirim Komentar: