KOTA, rembangcyber.com - Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rembang, Kiai M Zaenal Amroni meninggal dunia, Senin (16/1) pukul 17.45 WIB di RS dr Soetrasno Rembang.

Kiai kelahiran Desa Cabean Kecamatan Bulu ini semasa hayat dikenal sebagai sosok yang dekat dengan semua kalangan.


Karenanaya, kiai yang pernah ngangsu kaweruh di Pondok Hamdalah Kemadu dan Pondok TPI Leteh ini dipercaya menahkodai FKUB Rembang sebagai perekat.

Pengasuh Ponpes Raudlatut Tahlibin, Yahya Cholil Staquf saat pemberangkatan jenazah menyebut almarhum sebagai sosok yang berkhidmat kepada kiai dan mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan.

"Kiai Amroni meniko sanget khidmat dumateng poro Kiai. Nggeh ndherek mulang, ngopeni santri," ucapnya.

Salah seorang karib almarhum yang juga Sekretaris LDNU Rembang, Izzudin merasa kehilangan atas berpulangnya almarhum. Menurutnya semasa hayat, Kiai Amroni dikenal figur yang sangat "entengan" (mudah membantu).

"Beliau itu entengan. Misal pas acara walimatul ijtima', ada kiai yang berhalangan, beliau selalu siap untuk menjadi badal (wakil). Tak hanya itu, di acara apapun beliau sering jadi badal meski njujag (serta-merta).

Kiai Amroni (65) dimakamkan di TPU Kabongan Kidul Rembang. Seribuan orang dari berbagai kalangan turut memberikan penghormatan terakhir.

Almarhum meninggalkan 7 orang puteri (2 sudah berkeluarga) dan 2 orang cucu. (rom)

Kirim Komentar: