Sebanyak 18 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 18 tenaga kesehatan tersebut, 2 orang di R


REMBANGCYBER.NET, KOTA - Sebanyak 18 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 18 tenaga kesehatan tersebut, 2 orang di Rawat di RSU dr R Soetrasno Rembang dan 16 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. 


Hal tersebut dikatakan Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rembang, Arief Dwi Sulistya, Sabtu (21/11/2020). 


"18 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 terdiri dari dokter, perawat, bidan serta pekerja kesehatan lainnya," ucapnya. 


Kasus belasan nakes yang terpapar Covid-19 ini termasuk lonjakan besar di Kabupaten Rembang setelah sebelumnya juga terjadi lonjakan kasus Covid-19 dari transmisi pasar di Kecamatan Sumber.


Arief memaparkan, guna menekan penyebaran Covid-19 di Rembang, Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rembang intensif menggelar razia penegakan disiplin protokol kesehatan melibatkan polisi, TNI dan Satpol PP. 


"Kamk juga intensif melaksanakan sosialisasi pelaksanaan gerakan 4M meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," imbuhnya.


Sementara itu, pihak RSUD dr R Soetrasno Rembang hingga saat ini terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan rumah sakit. Beberapa langkah yang dilakukan antara lain melakukan screening bagi pasien rawat jalan.


Jika ada gejala mengarah ke Covid-19 maka pasien rawat jalan diarahkan untuk melakukan proses pemeriksaan di klinik khusus terlebih dahulu sebelum ke poli tujuan.


"Screening juga dilakukan kepada pasien yang masuk di IGD. Pasien Yang mengarah Covid-19 dilakukan rapid tes. Jika reaktif maka ditempatkan di ruang isolasi sambil menunggu hasil tes usap. Jika hasilnya negatif, pasien dipindahkan ke ruang perawatan umum," terang Kasi Informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik. 


Hinggasaat ini, kasus Covid-19 di Rembang mencapai 935, dengan rincian 743 orang sembuh, dan 76 orang meninggal dunia, 


Sedangkan sisa pasien Covid-19 masih 116 orang, 60 orang dirawat rumah sakit dan 56 orang menjalani isolasi mandiri. (Aba) 



Kirim Komentar: