Bupati Rembang, H Abdul Chafid bersama Forkopimda di Telaga Gunung Butak yang mengering. (Rom/rembangcyber)

REMBANGCYBER.NET, GUNEM - Gunung Butak yang berada di Desa Dowan Kecamatan Gunem, memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan.

Potensi itu berupa telaga dan makam Eyang Jatikusumo, salah seorang tokoh yang diyakini masyarakat sekitar sebagai penyebar agama Islam di  daerah sekitar Gunung Butak.

Pemerintah Kabupaten Rembang berencana mengembangkan potensi wisata itu.

Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengatakan,  dahulu Gunung Butak terkenal dengan telaganya.

"Karena suatu hal telaga itu tertutup oleh longsoran tanah, sehingga harus kita normalisasi atau kita keruk agar bisa menjadi telaga seperti dulu. Ini juga ada makam walilullah yang sudah dicari kebenarannya memang itu termasuk walillulah, sehingga ini harus kita rawat agar dapat menjadi tujuan dari wisata religi yang Insyaallah tahun depan akan kita mulai," terangnya, Selasa (28/8/2018).

Bupati menambahkan, selain itu melihat posisi lokasinya yang berada di dataran tinggi yang dapat diakses dengan kendaraan bermotor, Gunung Butak juga bisa dikembangkan sebagai lokasi olahraga ataupun wisata paralayang di Kabupaten Rembang.

"Ini tempat yang strategis untuk paralayang, ini juga nanti jadi bidikan saya, barangkali nanti ada kerjasama yang baik dengan pihak-pihak pecinta paralayang nanti akan kita beritahu dan akan kita ajak kerjasama. Ini sangat baik sekali dan potensi yang sangat luar biasa yang harus kita eksploitasi sehingga dapat menambah potensi wisata di Kabupaten Rembang," pungkasnya.

Bupati Hafidz bersama jajaran Forkopimda Rembang telah melihat secara langsung Kawasan Gunung Butak yang asri saat mengikuti kegiatan off road, Sabtu (25/8/2018). (Rom)

Kirim Komentar: