Kelompok Thong-thong Lek New Ganepa asal Kelurahan Gegunung Kulon Kecamatan Rembang tampil sebagai juara pada Festival Thong-thong Lek 2018 di Kabupaten Rembang yang digelar Selasa-Rabu (12-13/6/2018)

KOTA, REMBANGCYBER.NET - Kelompok Thong-thong Lek New Ganepa asal  Kelurahan Gegunung Kulon Kecamatan Rembang tampil sebagai juara pada Festival Thong-thong Lek 2018 di Kabupaten Rembang yang digelar Selasa-Rabu (12-13/6/2018).

Juara dua diraih kelompok Gondorase asal Desa Banyudono Kecamatan Kaliori, sedangkan juara tiga diraih kelompok Al Buser asal  Dukuh Grajen Desa Sumberjo Kecamatan Rembang.

Juara harapan 1, 2, dan 3,  masing-masing diraih oleh New Gankprat, (Waru Lor),  Al-Densa (Waru) dan Guwe (Gegunung Wetan).

Juara pertama mendapatkan hadiah uang Rp5juta, juara dua Rp4juta dan juara tiga Rp3juta. Sementara harapan pertama, kedua, dan ketiga, mendapat hadiah masing-masing dua juta rupiah.

Festival thong-thong lek di Kabupaten Rembang pada tahun ini diikuti oleh 26 kelompok. Peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 18 grup.

26 peserta mengikuti babak penyisihan dengan melakukan arak-arakan pada Selasa (12/6/2018) malam. Selanjutnya, dari 26 kelompok tersebut terpilih 10 kelompok yang lolos ke babak final.

Mereka adalah New Ganepa, Guwe, Al Buser, Bango Ngotet, New Gankfrat, Al Densa, Gondorase, Muncar Pacar, New Elben Pendem Gunungsari, dan Bobota Family Tawangsari.

Kesepuluh peserta selanjutnya tampil di babak final pada Rabu (13/6/2018) malam di Halaman Stadion Krida Rembang.

Bupati Rembang Abdul Hafidz berharap, tradisi festival thong-thong lek  bisa menjadi media untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Rembang ini terdiri dari bermacam-macam etnis dan kelompok, jadi harus rukun ya. Rukun ya, ” ucap Bupati saat pembukaan festival. (Rom)

Kirim Komentar: