Pemkab Rembang meluncurkan program Koin Amal Lansia Melindungi yang Renta Jadi Berkah atau "Kamelia Merekah" . Program tersebut menjadi andalan Pemkab dalam pemenuhan kebutuhan dasar para lansia yang terlantar atau sebatangkara.
Bupati Rembang Abdul Hafidz luncurkan Kamelia Merekah. Foto (Rom/Rembangcyber)

KOTA, REMBANGCYBER.NET - Pemkab Rembang meluncurkan program Koin Amal Lansia Melindungi yang Renta Jadi Berkah atau "Kamelia Merekah" . Program tersebut menjadi andalan Pemkab dalam pemenuhan kebutuhan dasar para lansia yang terlantar atau sebatangkara.

Kepala Bappeda Kabupaten Rembang, Sri Wahyuni mengungkapkan pemilihan nama Kamelia Merekah diambil dari bunga Kamalia yang mengandung minyak esensial. Sedangkan Koin identik dengan uang yang tidak terpakai tetapi jika dikumpulkan akan sangat berguna bagi lansia.

Nantinya Lansia yang terlantar akan mendapatkan uang bulanan dari berbagai pihak seperti OPD, perusahaan ataupun perseorangan. Besarannya Rp360 ribu per bulan.

“Bunga Kamalia yang mengandung minyak esensial yang berguna untuk menunda tanda-tanda penuaan pada manusia. Sedangkan Koin identik dengan uang yang tidak terpakai kadang diletakkan di sembarang tempat, tetapi jika dikumpulkan akan sangat berguna,” ungkapnya.


Bupati Rembang, H Abdul Hafidz  mengatakan, Program Kamalia Merekah merupakan keseriusan Pemkab Rembang untuk memperhatikan lansia. Karena lansia ini sebagai cikal bakal yang harus dipupuk untuk memberikan teladan kepada generasi penerus.

"Bagaimana lansia ini juga bisa produktif meskipun dari sisi tenaga dan pikiran berkurang, tetapi kemampuan untuk memberikan wejangan terhadap anak ini harus ditingkatkan terus dan jangan putus asa karena perkembangan jaman yang ada," tutur Bupati.

Bersamaan dengan kegiatan launching Kamalia Merekah, juga dilaksanakan MoU antara Pemkab Rembang dengan sejumlah perguruan tinggi di Rembang, seperti STIE YPPI, STAI Al-Anwar, AKSI, dan AKN. Perjanjian tersebut berisi tentang mahasiswa dari kampus- kampus itu akan melakukan pendampingan terhadap Lansia terlantar yang ada di Rembang dalam program KKN-nya.

Ada 233 lansia terlantar yang sudah diverifikasi oleh dinas terkait masuk kategori sangat membutuhkan bantuan. Sebelumnya ada 702 data lansia terlantar yang masuk di dinas terkait. (Rom)

Kirim Komentar: