Puluhan rumah warga di Desa Karangmangu dan Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah rusak diterjang ombak laut.
Rumah warga diterjang gelombang tinggi. Foto (Rom/Rembangcyber)

SARANG, REMBANGCYBER.NET - Puluhan rumah warga di Desa Karangmangu dan Desa Kalipang Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah rusak diterjang ombak laut.

Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Pramujo mengatakan, ombak besar dan gelombang tinggi yang terjadi sejak awal Mei memicu abrasi yang semakin parah.

"Puncaknya terjadi kemarin Rabu (23/5/2018) dan hari ini. Gelombang besar mengakibatkan sedikitnya delapan rumah rusak parah dan puluhan lainnya tergenang air laut," ucapnya, Kamis (24/5/2018).

Camat Sarang Mutakin membenarkan kejadian tersebut. Berdasar data yang dihimpunnya, gelombang tinggi yang dipicu ombak musim timuran mengakibatkan kerusakan di beberapa titik meliputi Desa Karangmangu serta Dukuh Gondan, Nyamplung, Belitung yang masuk wilayah Desa Kalipang.

"Delapan rumah rusak dan puluhan rumah tergenang air laut. Di Karangmangu ada 13 rumah dan di Kalipang mencapai 37 rumah. Itu yang rusak dan tergenang air laut rata-rata bagian dapur atau bagian belakang rumah,” ujarnya.

Muttakin menambahkan, pihkanya sudah berkoordinasi dengan BPBD untuk menangani dampak gelombang tinggi.

"Warga yang rumahnya rusak, sementara kita evakuasi ke rumah saudara dan tetangga terdekat," imbuhnya.

Berdasar informasi dari BMKG, ombak besar dan gelombang tinggi  diprediksi masih akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan.

Mutakin menyebutkan, penanganan darurat di Karangmangu dan Kalipang sudah dilakukan dengan menumpuk karung berisi pasir sebagia pemecah gelombang.

Kedepannya, pihaknya mengusulkan kepada Pemkab Rembang untuk dibuatkan breakwater yang anggarannya bersumber dari APBD 2019. (Rom)

Kirim Komentar: