Makam RA Kartini. Foto (rom/rembangcyber.com)
Anda mungkin tidak percaya kalau ternyata RA Kartini memiliki cicit yang sekarang menjadi tukang ojek di Bogor. Keduanya adalah Kartono dan Samimum.

Kedua cicit RA Kartini ini emang dalam kesulitan ekonomi sehingga untuk menyambung hidup maka keduanya menjadi tukang ojek.

Ada tiga cicit RA Kartini lagi yang tinggal di Bogor. Mereka adalah Rukmini yang ditinggal mati suaminya, juga memiliki masalah ekonomi. Satu cicitnya lagi adalah Rachmat yang sudah meninggal. Hanya Kartini (cicit) yang hidupnya cukup.

Ihwal cicit RA Kartini yang tinggal di Bogor ini beberapa waktu lalu muncul dari keterangan Bupati Jepara Ahmad Marzuki sebagaimana dilansir Kompas.com (22/4/2018). Diceritakan bahwa cicit RA Kartini saat ini sedang mengalami masalah ekonomi dan memerlukan bantuan.

Sebenarnya RA Kartini yang lahir 139 tahun lalu hanya memiliki, seorang anak bernama RM Soesalit Djojoadhiningrat, yang lahir pada 13 September 1904. Soesalit dewasa menikah dengan Siti Loewidjah, kemudian melahirkan seorang anak namanya Boedi Soesalit.

Boedi inilah satu-satunya cucu RA Kartini yang kemudian menikah dengan Sri Budijati, yang nelahirkan lima anak. Mereka yang kemudian menjadi cicit RA Kartini, yakni Kartini, Kartono, Rukmini, Samimum, dan Rachmat.
Seperti telah disebut dimuka, hanya Kartini yang hidupnya cukup. Lainnya dalam kekurangan.

Pernah ada bantuan dari Pemerintah Jepara sebuah rumah, namun karena Boedi Soesalit meninggal, maka dianggap para cicit RA Kartini tidak berhak sehingga diusir.

Kini dengan diungkapnya kasus ini oleh Bupati Jepara, PLT Gubernur Jateng Heru Sujatmoko berjanji akan membentuk tim kecil untuk membantu kehiduipan keturunan RA Kartini.

Kita tunggu saja usahanya. Memang menyedihkan, cicit pahlawan yang membebaskan perempuan dari keterkungkungan, malah anak keturunannya hidup sengsara. (fur/23/4/2018).

Sumber: cakrawala.co

Kirim Komentar: