Bimtek Road Map Reformasi Birokrasi. Foto (Rom/rembangcyber)

REMBANG, REMBANGCYBER.COM - Pemkab Rembang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi dan Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2017 di Aula Lantai 4 Kantor Bupati, Senin (05/3/2018).

Bintek bertujuan untuk memantapkan pemahaman sekaligus komitmen perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Rembang mengenai sistem akuntabilitas kinerja dan indikator kinerja utama.


Dalam laporannya Asisten III Pemkab Rembang Noor Effendy menjelaskan, kegiatan tersebut diadakan guna memberikan arahan untuk meningkatkan pemahaman perangkat daerah Pemkab Rembang mengenai pelaporan dan Evaluasi LKjIP. Upaya tersebut dilakukan agar kedepannya penyusunan LKjIP dapat disempurnakan.


"Untuk memberikan arahan agar pelaksanaan reformasi birokrasi disemua instansi daerah Kabupaten Rembang dapat berjalan secara efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga dan berkelanjutan. Selain itu juga menyamakan persepsi tentang penyusunan LKjIP guna meningkatkan dan menyempurnakan penyusunan LKjIP tahun 2017," terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang, Subakti mengatakan, LKjIP pertama adalah perencanaan pembangunannya yang bersumber pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah RPJMD. Namun, menurutnya kualitas RPJMD di Kabupaten Rembang masih tidak sesuai.


Lebih lanjut Subakti menjelaskan, berdasarkan laporan evaluasi yang diterima Bupati, kenaikan penilaiannya hanya 3 poin dalam kurun waktu dua tahun. Hal tersebut perlu dievaluasi.


"Sehingga dua tahun terakhir Bupati menerima evaluasi ini, yang pertama nilainya 52 dan sekarang menjadi 55, mundak 3 poin saja. Kenapa? Kita evaluasi dari perencanaan kita, dari RPJMD kemudian," jelasnya.


Ia menambahkan, Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD memiliki peran yang sangat penting. Sehingga ia berharap, seluruh SKPD di Kabupaten Rembang agar dapat menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah terhadap Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran sesuai RPJMD Kabupaten Rembang.


"Kita berharap dalam rangka kinerja SKPD ini Renstra dan Renja SKPD sangat memegang peranan penting. Supaya perencanaan dari masing-masing SKPD betul-betul mengarah pada perwujudan visi misi Bupati," pungkasnya. (Rom)

Kirim Komentar: