Dirut Semen Gresik Gatot Kustyadji bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz meratakan pedel sebagai tanda dimulainya pembangunan jalan pintas di Dukuh Jatimalang Desa Kajar, Gunem, Jumat (27/10/2017). Foto (rom/rembangcyber.com)

GUNEM, REMBANGCYBER.COM - Impian warga Dukuh Jatimalang Desa Kajar Kecamatan Gunem memiliki jalan pintas yang menghubungkan ke desa tetangga segera terwujud.

Pasalnya, PT semen Indonesia saat ini tengah membangunkan akses jalan pintas bagi warga untuk mempersingkat jarak tempuh. Akses jalan baru ini nantinya dapat mempermudah warga Jatimalang untuk menjangkau lahan pertanian maupun ke desa tetangga.

Sebelumnya warga Jatimalang harus menempuh jarak mencapai 15 kilometer untuk bisa menjangkau Desa Pasucen yang merupakan desa terdekat. Dengan adanya akses jalan pintas ini, jarak tempuh menjadi lebih pendek sejauh 7 kilometer.

Kepala Desa Kajar, Sugiyanto mengaku bersyukur atas dibukanya jalur tersebut. Dia berharap, dibangunnya jalan pintas semakin menggeliatkan perekonomian warga sehingga kesejahteraan warganya juga meningkat.

“Warga sebelumnya harus mengelilingi bukit terlebih dahulu untuk bisa menuju desa tetangga. Setelah adanya jalan pintas ini, warga semakin mudah dan lebih efisien," ucapnya.

Sugiyanto menambahkan, jalur yang kini dimanfaatkan sebagai jalur pintas tersebut semula merupakan  jalur pertanian yang lebar jalnnya hanya 2 meter dengan permukaan yang tidak rata. Kini jalur tersebut menjadi lebih mudah dilalui karena permukaannya sudah dilapisi pedel dengan lebar mencapai 4 meter.

Direktur Utama PT Semen Gresik, Gatot Kustyadji mengatakan, jalur pintas yang dibuka dan diperbaiki sepanjang 600 meter. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Perhutani terkait pembangunan jalan yang lebih representatif.

“Sementara kita tutup dulu pakai tanah pedel sebagai dasaran. Soal pengaspalan nanti kita koordinasi lebih lanjut dengan pihak Perhutani karena jalur ini milik Perhutani. Yang pasti kami berkomitmen untuk terus membantu warga sekitar untuk peningkatan kesejahteraan warga,” tegasnya. (Rom)

Kirim Komentar: